Software Database Cloud Computing

Perancangan basis data pada cloud computing dapat dibedakan menjadi tiga jenis model database.

  • Model database yang terpisah antara perusahaan suatu client dengan perusahaan lainnya. Dengan model database seperti ini, setiap perusahaan client mempunyai sebuah database sendiri.
  •  Model database dengan skema yang berbeda namun satu database.
  • Model database dengan menggabungkan skema antara suatu perusahaan client dengan perusahaan lainnya.

Software database yang saat ini masih hangat dibicarakan adalah Microsoft SQL Azure. Microsoft meluncurkan software SQL Server 2012 yang merupakan update dari lima seri SQL Server sebelumnya. Software SQL Server 2012 ini merupakan update dari SQL Server 7.0, 2000, 2005, 2008 dan 2008 R2. Software ini diluncurkan secara global tanggal 7 Maret 2012. Software database ini juga telah siap untuk teknologi cloud.

Product Marketing Manager Microsoft Indonesia, Meisari Arvini Hidayati menjelaskan, software server yang siap untuk cloud ini sebagai antisipasi “big data” yang terjadi belakangan ini dan tren di masa depan. “Big data bisa menjadi peluang dan ancaman bagi pengguna. Untuk bisa mendorong pertumbuhan bisnis tersebut, diperlukan pengolahan data yang cepat baik yang didukung dari server maupun cloud,”.

Bedanya, SQL Server 2012 ini memiliki fitur Breakthrough Insights yang mampu menganalisa sekitar 100 juta data dengan menggunakan PowerPivot, sebagai bagian dari Microsoft Excel.
Selain itu, juga ada fitur Power View untuk memberikan visualisasi data yang interaktif sehingga dapat diadopsi dengan mudah. Dengan fitur itu, ratusan juta data yang ada di Excel bisa dikelola dengan mudah dan dapat disajikan dengan sederhana dalam sebuah chart.

Dengan adanya data yang sederhana dari gabungan pengolahan data yang besar, maka akan memudahkan untuk pengambilan keputusan bagi petinggi perusahaan.
Selain itu, software ini juga memungkinkan bagi pengguna untuk menyimpan data di server ataupun di cloud. Untuk bisa dikonfigurasi di cloud, pengguna akan diberikan sinkronisasi data ke cloud dengan mudah, baik di private cloud maupun public cloud.

Keunggulan SQL Azure:

  • Tidak ada administrasi fisik yang diperlukan. Dengan menggunakan penyimpanan berbasis Cloud, bisnis bisa mencapai pasar dan pelanggan baru dengan pembuatan dan penawaran aplikasi SaaS (Software as a Service). Hal ini membuat perusahaan harus membangun aplikasi berbasis web yang bisa memberikan keuntungan kapabilitas daya tampung database yang besar.
  • Skala On-Demand. Penyimpanan data dalam Cloud memungkinkan mempunyai sebuah lokasi penyimpanan konsolidasi yang menghindari pemilahan data.
  • Berinovasi lebih cepat. SQL Azure membuat perusahaan untuk focus pada bisnis daripada masalah manajemen database. Hal ini memungkinkan perusahaan mampu untuk bisa mengintegrasikan data dengan perangkat-perangkat analisis yang terbangun berdasarkan teknologi SQL Server yang menyediakan pemahaman tentang kinerja bisnis dan proses-prosesnya.

SQL Azure menawarkan paket fleksibel berdasarkan penggunaan, dengan modal dan biaya operasional minimal dan dapat diadaptasi secara ukuran, sesuai perubahan kebutuhan. Dengan control akses yang dimiliki SQL Azure, keamanan koneksi ke database anda terjamin melalui enkripsi protocol SQL Server.

Komponen SQL Azure:

  1. Database; database-nya berdasarkan teknologi SQL Server, yang berarti mempunyai kemampuan yang tinggi dan servis built-in yang mampu mentoleransi kesalahan.
  2. SQL Azure Data Sync; SQL Azure memasukkan servis sinkronisasi data yang mampu mensinkronkan data melalui cloud dan sumber-sumber local SQL Server Database. Fasilitas ini mampu mensinkronisasi secara bolak-balik.
  3. SQL Azure Reporting; komponen ini membuat perusahaan mampu untuk menggunakan perangkat local SQL Server Database untuk mengembangkan dan menyebarkan laporan.SQL Azure Reporting membuat pelanggan bisa mengakses laporan-laporan dari SQL Azure Management Portal atau bahkan dari aplikasi bisnis. Fitur yang paling bagus dari SQL Azure termasuk Business Intelligence Design Studio dan Report Builder.

SQL Azure Data Sync adalah sinkronisasi data berbasis Cloud yang menyediakan layanan secara uni-directional dan bi-directional. Data Sync juga memungkinkan data untuk disebarkan antara SQL Azure dan local SQL Server Database.

Sumber:

http://www.microsoft.com/indonesia/cloud/cloudpowersolutions/database.aspx#tab2-tabs

http://pakarti.co.nr/?p=283

http://www.windowsazure.com/en-us/home/features/sql-azure/

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: