Implementasi Cloud Computing

Pada artikel sebelumnya, sudah dijelaskan sedikit mengenai Cloud Computing. Maka sekarang kita bahas mengenai implementasi dari Cloud Computing. Implementasi Cloud Computing sebenarnya telah banyak kita gunakan. Beberapa diantaranya adalah aplikasi yang mungkin sudah akrab di telinga kita, misalnya Google Docs, DropBox dan Bing Map.

Bagi semua peselancar di dunia maya pasti tahu peusahaan raksasa bernama Google Inc, yang telah menghasilkan banyak produk, salah satunya adalah Google Docs. Bagi anda yang memiliki akun Gmail dapat memanfaatkan aplikasi ini. Google Docs tidak hanya digunakan sebagai media penyimpanan dokumen saja, tapi dengan aplikasi ini, user dapat mengubaha isi dari dokumen tersebut secara online. User dapat memberikan hak ases kepada pengguna lain, baik hanya untuk melihat isi dokumen maupun dapat mengubah isi dokumen tersebut.

Fasilitas yang diberikan Google Docs tidak hanya sebatas membuat atau mengubah isi dokumen, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat file presentasi, table-tabel perhitungan, membuat formulir dan untuk menggambar sederhana. Dengan fasilitas-fasilitas ini kita serasa memiliki aplikasi Office yang dapat digunakan secara online dimana saja.

Selain Google Docs, ada juga DropBox. Salah satu fungsinya hampir sama seperti Google Docs, yaitu dapat menyimpan dokumen dan membagikannya kepada pengguna lain. Akan tetapi masih banyak lagi fitur yang dimiliki DropBox.

DropBox adalah sebuah layanan backup, sharing file dan sinkronisasi file yang memanfaatkan jalur internet sehingga siapapun yang punya akses internet dapat melakukan sinkronisasi dari seluruh penjuru dunia. Layanan dropbox tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux dan Malcintosh. Bahkan juga tersedia untuk perangkat bergerak misalnya iphone, ipad, blackberry dan android.

Berbagai bentuk file dapat kita simpan dan bagikan melalui DropBox, mulai dari dokumen, lagu, foto atau gambar, maupun video. Dengan sekali membuat akun di DropBox, setelahnya anda dapat menyimpan dan membagikan file-file anda kapanpun dan dimanapun anda terhubung melalui koneksi internet.

Bing Map hampir sama dengan Google Maps. Bing Map sendiri merupakan kesatuan layanan internet interaktif oleh Windows, sama dengan Google dan Yahoo!. Kesamaan keduanya ialah mampu menampilkan penampakan permukaan bumi dari atas melalui satelit. Google Maps menyebut ini dengan istilah “Satellite View”, sedangkan pada Bing Maps disebut “Bird’s Eye”.

Pada Bing Maps sendiri juga terdapat fitur Direction, mengarahkan user dari tempat asal dan tujuan yang diinginkan user. Tapi sayangnya tidak semua tempat dapat  dicari “direction”-nya oleh Google Maps dan Bing Maps. Kita hanya bisa mendapatkan “direction” pada zona-zona tertentu di setiap Negara. Bing Mapsbaru saja menambahkan layanan Bing Mas Explore a.k.a StreetSide. Layanan yang mirip StreetView di Google ini masih dalam versi beta dan saat ini terbatas hanya di beberapa kota di USA saja. Butuh Silverlight pada browser pengguna untuk dapat menggunakan layanan ini. Coverage StreetSide ditandai dengan warna light blue.

 

NB: diperoleh dari berbagai sumber

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: