Implementasi dari Komputasi Modern

Pengertian Komputasi Modern

Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Modern adalah Sebuah perspektif menegaskan bahwa modern adalah suatu keadaan dimana masyarakat telah menghasilkan produk-produk secara massal guna memenuhi kebutuhan sehingga kehidupan menjadi lebih mudah.

Jadi Komputasi Modern adalah suatu pemecahan masalah menggunakan komputer untuk menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pengguna dalam kehidupan sehari-sehari. Secara umum, iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu / sains. Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

 

Sejarah Penemu Konsep Komputasi Modern

Konsep Komputasi Modern berasal dari seorang ilmuwan besar abad di 21, bernama John Von Neumann. Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputasi modern. Karya – karya yang dihasilkan adalah karya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Von Neumann lahir di Budapest – Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit.  Von Neumann belajar berbagai tempat dan beberapa tempatnya di Berlin dan Zurich. Di tempat itu beliau mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest.

Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam bidang matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC dan merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

 

Jenis-jenis Komputasi Modern

1. Mobile computing

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

2. Grid computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

3. Cloud computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

 

Cloud Computing

Sebenarnya Cloud Computing ini sudah lama ada dan dilakukan oleh perusahaan raksasa di internet seperti google, yahoo, ebay, amazon, dan lain lain. Namun nama Cloud Computing baru terdengar kencang di dunia IT saat ini.

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Dengan demikian Cloud Computing memanfaatkan infrastruktur internet yang ada untuk menjalankan servicenya. Baik service / layanan aplikasi, teknologi, media penyimpanan dan lain sebagainya.

Selain itu beberapa karakteristik utama yang bisa didapatkan dari menggunakan Layanan Cloud Computing :

•    Kesigapan

Kesigapan dalam hal kemampuan pengguna untuk merevisi dan upgrade sumber daya infrastruktur & teknologi

•    Kebebasan dalam Hal Hardware dan Lokasi

Artinya user dapat mengakses resource/service hanya menggunakan Web Browser tidak perduli dimanapun berada dan hardware apapun yang digunakan. Karena Infrastruktur di lokasi lain (biasa disediakan oleh pihak ketiga) dan diakses melalui internet, maka pengguna dapat mengaksesnya dari manapun

•    Banyak Pengguna

Dalam hal ini, efisiensi dalam hal Power/ listrik karena 1 resource digunakan secara beramai-ramai dengan tingkat ketersediaan sistem yang terjamin dan memungkinkan adanya :

– Sentralisasi Infrastruktur di satu tempat dengan biaya rendah

– Tinggat Batas Kapasitas Proses makin tinggi dimana user tidak perlu menyiapkan, tapi sudah dipersiapkan

– Utilisasi dan Efisiensi meningkat untuk sistem yang biasanya hanya 10-20% tingkat utilisasinya

•    Kehandalan Sistem (Reability)

Tingkat Kehandalan sistem meningkat karena menggunakan tempat yang berbeda-beda. Cocok untuk Keberlangsungan Bisnis (Bussiness Continuity) dan Penanganan Bencana (Disaster Recovery)

•    Skalabilitas yang tinggi

Dimana user tidak perlu khawatir dan kerepotan dalam hal peningkatan sistem yang lebih besar karena Cloud Computing dengan mudah dapat menambah resource yang diperlukan

•    Keamanan

Tingkat keamanan yang lebih baik dimana kadang kala user sendiri tidak dapat menyediakan tingkat keamanan yang terjamin, namun dengan pihak Ketiga yang spesial di bidangnya, tingkat keamanan lebih terjaga

•    Ketahanan (Sustainability)

Yaitu sistem dapat digunakan terus menerus dengan efesiensi yang terus meningkat dan utilisasi yang meningkat

•    Perawatan (Maintenance)

Dalam hal perawatan, maka akan lebih mudah bila diterapkan Cloud Computing , karena aplikasi yang disediakan tidak perlu di install ke komputer pengguna. Lebih mudah di support dan perubahan secara instan berlaku ke user saat itu juga

 

 

http://smartpsikologi.blogspot.com/2007/08/manusia-modern.html:2011

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi

http://www-groups.dcs.st-and.ac.uk/~history/Biographies/Von_Neumann.html

http://www.smartssolution.info/komputasi-modern.html:2011

http://my.opera.com/ayojon/blog/2010/04/20/komputasi-modern

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

 

 

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

2 responses to “Implementasi dari Komputasi Modern

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: