Peluang Bisnis dari SEA Games dan Pulau Komodo

SEA Games atau singkatan dari Pesta Olahraga Negara-negara Asia Tenggara tahun 2011 ini nantinya di jadwalkan di Indonesia pada tanggal 11-25 November 2011. Adapun kota tempat penyelenggaraan akan di laksanakan pada dua tempat yakni Provinsi Palembang (Sumsel) yang di tunjuk sebagai tuan rumah utama penyelenggaraan SEA Games 2011 nanti. Dan Jakarta yang akan menjadi tuan rumah pendukung.

Acara Olah Raga tingkat internasional yang telah diadakan tahun 2011 di Jakarta dan Palembang kemarin peluang bisnis yang menguntungkan bagi Indonesia. Keuntungan berlipat ganda diperoleh masyarakat yang memanfaatkan event tersebut sebagai peluang usaha. dari mulai pedagang makanan, aksesoris SEAgames, transportasi masal, bahkan pada skala usaha yang lebih besar seperti pengusaha hotel atau penginapan. Selain itu banyak masyarakat yang menjual bendera negara yang mengikuti Sea Games 2011, pakaian batik di sekitar area diadakannya SEA Games, dan menjadi pihak ke 2 resmi yang menjual tiket SEA Games.

Selain SEA Games, satu lagi berita yang menarik yang sering diperbincangkan yang terjadi di tahun 2011 lalu adalah Pulau Komodo. Pulau ini termasuk ke dalam kategori New 7 Wonders.

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Dengan demikian, banyak peluang bisnis yang dapat diperoleh dari Pulau Komodo, misalnya menjual pakaina dengan gambar Pulau Komodo, souvenir seperti kalung, patung atau pahatan komodo, menyediakan sarana transportasi atau Travel Agent ke Pulau Komodo.

NB: dirangkum dari berbagai sumber.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: