Rangkuman Tugas SoftSkill

 

Game developer adalah suatu pekerjaan dibidang teknologi informatika khususnya di bidang pembuatan games, pengembangan games dan lain sebagainya yang berhubungan dengan game. Saat ini peminat game developer sangat banyak sehingga peluang kerja seorang game developer pun sangat terbuka lebar.

Berdasarkan dimensinya video game terbagi menjadi dua, yaitu : 2D dan 3D, dalam hal ini jika Anda ingin membuat video game dalam bentuk 2D dan 3D, anda memerlukan sebuah team yang terdiri dari beberapa profesi, sebagai berikut :

Dalam membuat game 2D sebaiknya anda bekerja dalam kelompok atau team yang minimal terdiri dari 3 orang:

  • 1 orang programmer
  • 1 orang graphic design
  • 1 orang music composer

Sedangkan untuk membuat game 3D sebaiknya anda minimal mempunyai 5orang dalam satu kelompok:

  • 1 orang programmer
  • 1 orang texture maker
  • 1 orang 3d modeler
  • 1 orang music composer
  • 1 orang pengatur gerakan (koreografe

 

Orang-orang yang secara langsung terlibat dalam pembuatan game:

1)Design part

2)Programming part

3)Art part

4)Composer

 

Tugas tiap tim memang berbeda-beda, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita bekerja dalam tim:

–          Di dalam sebuah tim harus ada 1st Leader dan 2nd Leader, artinya dalam team juga harus ada leader selain skilled Programmer / Designer.

–          Dalam tim, yang pastinya terdiri dari banyak kepala, maka harus menjaga kekompakkan dalam tim tersebut karena perselisihan sangat mungkin terjadi karena perbedaan konsep.

–          Semua anggota tim harus memiliki tujuan yang sama. Menentukan seperti apa hasil akhir dari game yang akan dibuat.

–          Dan juga harus dipastikan pekerjaan dalam tim harus tetap berjalan meskipun ada 1 atau 2 anggota yang non-aktif.

Misalnya :
– Designer membuat gameplay yang sulit untuk dikerjakan programer dalam schedule & deadline yang telah ditentukan.
– Artist  ingin membuat seindah mungkin, tapi programer  ingin membatasi jumlah / kualitas art karena keterbatasan engine.
– Designer melihat dari sudut gameplay, ingin ada tempat memanjat di sana-sini, di tempat yang menurut artist  tidak indah jika diberi object untuk memanjat.

Untuk itu, keterkaitan semua anggota tim sangat erat. Tanpa adanya programmer, game tersebut tidak akan dapat berjalan. Tanpa adanya desainer, maka game tersebut tidak akan terkonsep. Tanpa adanya Artist, tampilan game tidak akan menarik. Dan tanpa adanya Komposer, maka suasana game tidak akan terasa “hidup” dan menarik.

Game engine (bahasa Indonesia: mesin permainan) adalah sebuah sistem software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Ada banyak sekali game engine yang dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik.

Object Oriented Graphics Rendering Engine atau yang biasa dikenal dengan sebutan OGRE adalah sebuah engine/ mesin yang berorientasi pada object, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari mesin permainan) yang ditulis dalam bahasa C++ dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware – accelerated grafis 3D. Ogre dapat diinstall di platform Windows danLinux

Objek yang dibuat pada OGRE dapat dimanipulasi. Manipulasi yang dapat dilakukan dengan OGRE yaitu:

  1. Pewarnaan
  2. Shadowing / Bayangan
  3. Rotasi
  4. Translasi
  5. Lighting, View port, dan Camera
  6. Penskalaan
  7. Sky, Fog, dan Terrain
  8. Particle dan Material

Dari berbagai Game Engine  yang ada, baik itu freeware atauun license, telah banyak games yang tercipta. Setiap game memiliki berbagai macam karakter yang berbeda, tema, dan jalan cerita yang berbeda.

Karakter ini bisa bermacam-macam ditinjau dari segi permainannya ada laki-laki perempuan, manusia, robot, monster dan lain-lain. Karakter bersifat semi permanen di mana jika kita tidak menginginkannya lagi maka dengan mudah kita bisa menghapusnya. Karakter menjadi ciri utama user dalam setiap game online.

Karakter yang unik akan membuat pemain tertarik untuk memainkannya, misal: Angry Birds. Angry Birds adalah game yang memiliki beberapa karakter lucu dan unik. Ada burung merah, biru, kuning, putih, hitam, dan kuning serta beberapa karakter babi yang menggemaskan. Setiap karakter tersebut memiliki keunikan yang berbeda. Jalan cerita, tema, serta tampilan yang berwarna-warni membuat game tersebut banyak dimainkan dan populer.

 

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: