Instalasi dan Konfigurasi OGRE

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara menginstal OGRE untuk platform Windows. Versi Windows yang saya pakai untuk penulisan artikel ini adalah Windows 7.

Untuk dapat menginstal dan menjalankan OGRE pada komputer, tidak hanya menginstal OGRE SDK saja tetapi juga ada program-program lain yang perlu di install, yaitu:

  • Eclipse

    Versi Eclipse yang dapat digunakan dapat berupa versi Galileo atau Helios (versi Eclipse terbaru). Pemrograman OGRE menggunakan bahasa C++, oleh karena itu, install Eclipse IDE C/C++ Developer, dengan C/C++ Development Tools Plugin yang sudah termasuk dalam paket installasi. Setelah didownload, extrak file ke suatu folder dan jalankan Eclipse.exe.

    • MinGW

      MinGW adalah aplikasi gcc untuk Windows. Aplikasi ini seluruhnya berada dalam satu direktori. User akan menggunakan C:/mingw sebagai direktori file. Untuk menginstall paket baru, cukup ekstrak ke direktori (misal) C:/mingw.

      • MYSYS

        Setelah mendownload MYSYS.1.0.10.exe maka install ke direktori C:\msys. Skrip instalasi akan meminta anda untuk memberitahukan dimana anda menginstall MinGW.

        1. Agar program MYSYS dan MinGW dapat dijalankan dimana saja, kita harus menambahkan direktorinya ke PATH windows juga, caranya: klik Control Panel\System and Security\System kemudian plih Change Settings, Pilih tab Advanced, lalu pilih Environment Variables. Kemudian pada System varible, pilih variable PATH, kemudian klik Edit dan lakukan konfigurasi seperti gambar berikut. Lalu klik Ok.  
        2. Untuk memeriksa apakan MinGW dan MYSYS sudah terinstal dengan baik pada komputer, buka Command Prompt dan ketikkan kalimat berikut “gcc –v”, jika sudah terinstal maka tampilannya akan seperti gambar berikut.  
        3. Untuk membuat aplikasi Ogre3D kita harus menginstall OgreSDK. Download OGRE SDK for Code::Blocks + MinGW C++ Toolbox, kemudian install di suatu tempat. Disini user akan menggunakan C:\ogreSDK. Kita dapat menggunakan OGRE SDK versi OgreSDKSetup1.6.1_CBMingW.exe atau versi lama: OgreSDKSetup1.4.2_CBMingW.exe

        Konfigurasi OGRE SDK pada Eclipse. Buka Eclipse.exe, tentukan workspace atau direktory untuk menyimpan hasil kerja kita nanti. Kemudian pilih menu Window – Preferences  – C/C++ – Environment. Klik Add, isi Variable dengan OgreSDK dan value dengan C:/OgreSDK.

        Maka program OGRE sudah terinstal dan terkonfigurasi dengan baik di komputer kita. Sekarang kita sudah dapat menggunakan OGRE.

        Berikut adalah contoh membuat sebuah Project sederhana menggunakan OGRE.

        1. Buat project baru dengan cara klik Menu File – New – C++ Project atau dengan menekan Alt+Shift+n lalu pilih C++ Project. Beri nama pada Project Name.
        2. Uncheck pada pilihan “Show project types and toolchains only if they are supported on the platform”
        3. Pada Project Type, pilih Empty Project, lalu pada Toolchains pilih MinGW GCC. Kemudian klik Finish.
        4. Klik kananproject yang baru saja kita buat, pilih Properties.
        5. Klik C/C++ Build, lalu pilih Setting. Pada Configuration, terdapat pilihan “Debug” dan ”Release”. Jika kita memilih “Debug” artinya, kita memilih “Debug” sebagai konfigurasi yang sedang aktif.
        6. Lakukan konfigurasi berikut:
        DEBUG RELEASE
        Preprocessor
        Defined Symbols (-D): WIN32

        _WINDOWS

        _DEBUG

        Defined Symbols (-D):WIN32

        _WINDOWS

        NDEBUG

        Directories
        Include Paths (-l): “${OGRE_HOME}\include”

        “${OGRE_HOME}\samples\include”

        Beserta kutip “

        Include Paths (-l):”${OGRE_HOME}\include”

        “${OGRE_HOME}\samples\include”

        Beserta kutip “

        Miscellaneous
        Bag. Other flags : -c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident Bag. Other flags :-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident

        Masih pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release.

          DEBUG RELEASE
          Libraries
          Libraries (-l):OgreMain_d

          OIS_d

          Libraries (-l):OgreMain

          OIS

          Library search path (-L):“${OGRE_HOME}\bin\debug”

          Beserta kutip “

          Library search path (-L):”${OGRE_HOME}\bin\release”

          Beserta kutip “

          Miscellaneous
          Bag. Other Options (-Xlinker[option]):–enable-auto-image-base

          –add-stdcall-alias

          Bag. Other Options (-Xlinker[option]):–enable-auto-image-base

          –add-stdcall-alias

          1. Untuk memasukkan code pada OGRE, klik kanan pada nama project lalu pilih New – Source File. Beri nama source file. Karena pada OGRE menggunakan bahasa pemrograman C/C++, maka extensi source file harus diberi .cpp . pada project ini saya memberi nama file yaitu BelajarOgre, sehingga nama source file-nya menjadi BelajarOgre.cpp , klik Finish.
          2. Pada source file tersebut, isi sourcecode berikut sebagai contoh:

           

          #include “ExampleApplication.h”

          class BelajarOgre : public ExampleApplication {

          public:

          BelajarOgre(){

          }

          ~BelajarOgre(){

          }

          protected:

          void createScene(void){

          //mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen

          mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(0,1,1));

          //Entity ad objek yg bs dirender discene

          Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity(“Athene”,”athene.mesh”);

          SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode(“AtheneNode”);

          //attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot

          node1->attachObject(ent1);

          }

          };

          #if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

          #define WIN32_LEAN_AND_MEAN

          #include “windows.h”

          INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)

          #else

          int main(int argc, char **argv)

          #endif

          {

          //bikin objek aplikasi

          BelajarOgre app;

          try {

          app.go();

          } catch (Exception e) {

          #if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

          MessageBox(NULL,e.what(),”Terjadi Error!”,MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);

          #else

          fprintf(stderr,”Terjadi Error = %s\n”,e.what());

          #endif

          }

          return 0;

          }

           

          Build project tersebut, dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\debug (karena kita membuat debug yang aktif, jika release yang aktif, maka pilih folder release) lalu buka file resource.cfg dengan menggunakan NotePad++ maka isinya sbb :

            # Resource locations to be added to the ‘boostrap’ path

            # This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework

            [Bootstrap]

            Zip=../../Media/packs/OgreCore.zip

            # Resource locations to be added to the default path

            [General]

            FileSystem=../../Media

            FileSystem=../../Media/fonts

            FileSystem=../../Media/materials/programs

            FileSystem=../../Media/materials/scripts

            FileSystem=../../Media/materials/textures

            FileSystem=../../Media/models

            FileSystem=../../Media/overlays

            FileSystem=../../Media/particle

            FileSystem=../../Media/gui

            FileSystem=../../Media/DeferredShadingMedia

            FileSystem=../../Media/PCZAppMedia

            Zip=../../Media/packs/cubemap.zip

            Zip=../../Media/packs/cubemapsJS.zip

            Zip=../../Media/packs/dragon.zip

            Zip=../../Media/packs/fresneldemo.zip

            Zip=../../Media/packs/ogretestmap.zip

            Zip=../../Media/packs/skybox.zip

            1. replace (ganti) coding “…/…/” dengan “C:/OgreSDK” sehingga menjadi seperti berikut:

            # Resource locations to be added to the ‘boostrap’ path

            # This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework

            [Bootstrap]

            Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/OgreCore.zip

            # Resource locations to be added to the default path

            [General]

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/fonts

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/programs

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/scripts

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/textures

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/models

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/overlays

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/particle

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/gui

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/DeferredShadingMedia

            FileSystem=C:/OgreSDK/Media/PCZAppMedia

            Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/cubemap.zip

            Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/cubemapsJS.zip

            Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/dragon.zip

            Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/fresneldemo.zip

            Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/ogretestmap.zip

            Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/skybox.zip

            1. Save project yang telah kita buat.
            2. Copy file d3dx9d_30.dll ke dalam folder Debug (jika mengaktifkan Release, maka Copy ke dalam folder Release).
            3. Lalu kembali lagi ke Eclipse, klik Save dan Build pada toolbar.
            4. Masuk ke direktory workspace project yang telah dibuat, kemudian jalankan programnya dengan men-double-click file Application .exe .
            5. Kemudian akan meuncul tampilan seperti berikut:

            Kita dapat memilih tampilan akan muncul di layar secara full Screen atau tidak. Kemudian pilih “Direct3D9 Rendering Subsystem” pada Rendering Subsystem, lalu klik OK. Maka hasil tampilannya akan seperti berikut:

             

            OGRE tidak hanya bisa di install pada platform Windows saja, tetapi juga bisa di install di Linux. Saya sendiri belum pernah mencoba menginstal OGRE di Linux, tapi artikel ini berisi panduan menginstal OGRE di Linux yang saya dapat dari hasil Googling..😉

            1 Installing OGRE

            1.0 Install Dependencies
            Jalankan sourcecode berikut di jendela terminal:

            sudo apt-get install build-essential autoconf libtool libdevil-dev libfreeimage-dev libfreetype6-dev libglew1.5-dev libxaw7-dev libxrandr-dev libxt-dev libxxf86vm-dev libzzip-dev

            dependencies adalah sebagai berikut:
            Bootstrap: libtool autoconf
            Membuat: build-essential
            Ogre: libdevil-dev libfreeimage-dev-dev libfreetype6libglew1.5-dev-dev libxaw7 libxrandr-dev-dev libxt libxxf86vm-dev-devlibzzip

            Instal OIS
            klik halaman berikut untuk mendownload OIS http://sourceforge.net/project/showf…roup_id=149835  dan download versi terbaru.

            ekstrak file, buka jendela terminal,dan cd ke folder yang di ekstrak. Kemudian ketik:

            ./bootstrap

            ./configure

            make

            sudo make install

            1.2 Mendownload Source OGRE
            Download “xxx Sumber Ogre untuk Linux / OSX” dari http://www.ogre3d.org/download/source dimana xxx adalah nomor distribusi.

            1.3 Konfigurasi
            Buka jendela terminal dan cd ke direktori source OGRE, (~ / .ogre /raksasa). Sekarang jalankan perintah berikut dalam terminal:

            ./bootstrap

            Sekarang ketikkan dan jalankan sourcecode berikut:

            ./configure

            Jika konfigurasi gagal dan meminta anda untuk menginstal nVidia’s Cg library,maka perhatikan langkah berikut:

            1.4 Install nVidia Cg Library
            Catatan: Jangan lakukan langkah ini jika konfigurasi berjalan dengan sukses.
            Download “Linux x86” (32-bit) atau Linux tar x86-64 “(64-bit)  file from http:. / / developer.nvidia.com/object/download c…html . Ekstrak file tersebut ke sebuah direktori, dan copy semua file ke folder yang sesuai pada sistem anda.
            Setelah menempatkan file, anda perlu mengkonfigurasi ulang Ogre:

            ./configure

            1.5 Make
            Setelah konfigurasi selesai, jalankan perinta berikut:

            make

            Catatan: proses ini bisa memakan waktu yang sangat lama. Jika Anda ingin lebih cepat, anda dapat menjalankan anda dapat menjalankan perintah make pada mode multithreaded menggunakan perintah berikut:

            make -j x

            di mana x adalah dua kali jumlah core komputer Anda.
            PERINGATAN: Jangan jalankan ‘make-j’, ini akan jalankan make dengan jumlah yang tidak terbatas secara bersamaan dan akan membuat komputer kelebihan beban  dan membekukan OS anda dalam beberapa detik.Ini disebut sebuah makebomb.

            1.6 Install
            Sekarang semuanya (mudah-mudahan) telah terkonfigurasi dengan benar, Anda akhirnya siap untuk menginstal OGRE, ketik:

            sudo make install

            1.7 Update Dynamic Linker
            Sekarang  Anda telah menginstal segala sesuatu di tempat yang tepat,  Anda  perlu  untuk  memberitahu linker untuk memperbarui chaches itu. Jalankan sourcecode berikut:

            sudo ldconfig

            Membuat Proyek OGRE
            2.1 Membuat sebuah Empty Project
            Buka Code:: Blocks dan pilih File-> New-> Project. Pilih Empty Project, klik Go, dan  pilih  lokasi. Biarkan halaman berikutnya bernilai default dan klikFinish.

            2.2 Tambahkan Linked Perpustakaan
            Project -> Build Option  pilih  “Linker Pengaturan”  tab  dan menambahkan  “OgreMain”  dan  “GL”  ke kotak “Link Libraries”.
            Catatan: Juga menambahkan “OIS” untuk OIS, “CEGUI” untukCEGUI, “QuickGUI” untuk QuickGUI tergantung pada perpustakaan tambahan yang akan Anda gunakan.  Jika Anda menggunakanBullet,  adalah  mutlak  penting  bahwa  Anda  memasukkan “bulletmath”,  “bulletcollision”,  dan  “bulletdynamics”  dalam urutan yang tepat.

            2.3 Mengatur Berkas plugins.cfg
            Buat sebuah file bernama “plugins.cfg” pada direktori project yang anda eksekusi, harus meliputi:

            PluginFolder=/usr/local/lib/OGRE

            Plugin=RenderSystem_GL.so

            Plugin=Plugin_OctreeSceneManager.so

            2.4 Menggunakan Aplikasi Contoh [OPTIONAL]
            Jika Anda  melakukan sesuai  tutorial  atau  sebaliknya  mendasarkan  project Anda  pada  kerangka  Contoh  Aplikasi yang disertakan dengan sumber OGRE,  Anda  harus  menyalin  Sampel  /  Media ,  dan  Sampel  /  Common /  include /  *  dari  direktori  source  OGRE,  (~ /. raksasa / raksasa), ke  Project Directory  Anda dan proyek Anda termasuk direktori masing-masing.  Terakhir,  Anda juga  harus  menyalin  Sampel  / Common  /  bin  /  file  resources.cfg  untuk  membangun  direktori  proyek Anda  dan mengganti ‘../../’  semua  dengan alamat yang sesuai ke direktori media Anda.  Juga  ingat  untuk  menambahkan sourcecode berikut Ke file utama OGRE :

            #include “ExampleApplication.h”

            About resariski

            me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

            2 responses to “Instalasi dan Konfigurasi OGRE

            Leave a Reply

            Fill in your details below or click an icon to log in:

            WordPress.com Logo

            You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

            Twitter picture

            You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

            Facebook photo

            You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

            Google+ photo

            You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

            Connecting to %s

            %d bloggers like this: