PANDUAN PRODUKSI (DESAIN GRAFIS)

BAB I

Dasar-dasar desain

Desain, pada dasarnya, adalah disiplin ilmu serbaguna dan kreatif, tetapi desainer akan sering menemukan diri mereka bekerja dalam batas-batas yang ditetapkan, seperti standar ukuran kertas, sistem pengukuran dan grid. Ini adalah dasar blok bangunan yang membantu untuk memberi struktur pekerjaan, dan pemahaman yang kuat seperti konsep dasar sangat penting untuk desain yang baik. Fokus dari bab ini kemudian adalah pada pengukuran dasar, ukuran standar, dan beberapa kosakata yang umum digunakan ketika berbicara tentang desain. Sebuah pemahaman yang kuat ini akan memungkinkan komunikasi yang akurat dan memfasilitasi debat bermakna dengan printer, klien dan profesional desain.

Pengukuran

Desain grafis melibatkan penggunaan pengukuran untuk menentukan segala sesuatu dari jenis dan ukuran divisi halaman untuk ukuran format. Memahami betapa berbedanya pengukuran yang digunakan membantu untuk mencegah masalah dalam pembangunan kerja dan Spesifikasi antara para profesional yang terlibat dalam proses. absolut dan relatif Dua jenis pengukuran yang digunakan dalam proses tipografi: pengukuran mutlak dan relatif. Saat ini dasar bagi perkembangan setiap proyek desain, penting untuk memahami perbedaan antara mereka.

Pengukuran Mutlak

Pengukuran Mutlak adalah pengukuran nilai tetap. Sebagai contoh, milimeter adalah kenaikan yang didefinisikan secara tegas dalam sentimeter. Sama halnya pada poin dan picas, dasar pengukuran tipografi, memiliki nilai tetap, seperti 48pt teks di atas. Semua pengukuran mutlak disajikan dalam istilah terbatas yang tidak dapat diubah.

Pengukuran Relatif

Dalam tipografi, banyak pengukuran, seperti karakter jarak, terkait dengan jenis ukuran, yang berarti bahwa mereka hubungan ditentukan oleh serangkaian pengukuran relatif. Ems dan ENS, misalnya, adalah pengukuran relatif yang tidak ditentukan, ukuran absolut. ukuran mereka adalah relatif terhadap ukuran dari jenis yang sedang diatur.

Standar Pengukuran

ukuran kertas standar menyediakan cara yang nyaman dan efisien bagi para desainer dan printer untuk berkomunikasi spesifikasi produk dan biaya kontrol, seperti yang akan dieksplorasi selama beberapa halaman berikutnya.

Ukuran kertas dan amplop

ukuran Standarisasi menyediakan sarana siap untuk memilih format produk yang bekerja sama,

seperti amplop kertas A4 dan C4, yang menikmati sinergi antara spesifikasi mereka.

Ukuran buku dan poster

Buku dan poster umumnya diproduksi dalam format standar yang menyediakan berbagai siap

ukuran yang berbeda untuk seorang desainer untuk memilih dari.

Standar ukuran poster

Poster juga memiliki ukuran standar yang membuat produksi mereka jauh lebih sederhana. Sistem poster A-series didasarkan sekitar satu lembar 762mm x 508mm dalam orientasi potret.

Kelipatan dari ini digunakan untuk menghasilkan ukuran lain dalam sistem, seperti empat-lembar (1.524 mm x 1.016 mm) (yang paling luas luar format karena ukurannya yang ringkas). Lainnya

kelipatan standar dalam sistem ini adalah 12-lembar (1.524 mm x 3.048 mm), 48-lembar (3.048 mm x 6.096 mm) (standar billboard ukuran yang memberikan 200ft2 ruang presentasi dalam landscape orientasi) dan 96-lembar (3.048 mm x 12192 mm). Dua format umum lainnya adalah Eropa (3.048 mm x 3.048 mm), format persegi populer di Eropa, tetapi dengan dimensi vertikal sama dengan 48 – dan 96-lembar papan reklame dan Golden persegi (6.096 mm x 6.096 mm), sebuah persegi format, biasanya diterangi pada malam hari, yang membantu meningkatkan penampil perhatian dengan melanggar batas standar segi empat dimensi dan melalui skala semata-nya.

Ukuran layar

Sebuah layar komputer atau televisi hanya dapat menampilkan jumlah piksel terbatas pada satu waktu. Jumlah piksel yang tersedia untuk sebuah desain berkurang akibat penggunaan elemen seperti menu dan scroll bar. Seorang desainer harus menyadari kemampuan penggunaan layar secara potensial, dan bagaimana hal ini bervariasi demografis, sehingga desain dapat dioptimalkan untuk target audiens.

Tata Ruang

Layout adalah manajemen bentuk dan ruang di mana komponen desain. Layout bertujuan untuk menyajikan unsur-unsur visual dan tekstur yang harus dikomunikasikan dengan cara yang memungkinkan pengunjung untuk menerima pesan yang dikandungnya. Bab ini membahas beberapa prinsip umum tata letak yang telah terbukti efektif dalam desain.

Rrecto / Verso

Recto / verso mengacu pada halaman spread (di mana di sebelah kanan adalah tangan kanan halaman dan verso yang kiri halaman), serta metode pencetakan di mana kedua sisi sepotong saham dicetak.

Halaman

Halaman ini adalah ruang yang merancang menempati, termasuk unsur visual dan tekstur terorganisir melalui desain. Sebuah halaman memiliki topografi yang terdiri dari fitur yang berbeda yang seorang desainer bisa memanipulasinya. Bagian ini memperkenalkan beberapa fitur ini.

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: