DASAR-DASAR DESAIN GRAFIS (2)

BAB 2

Pengaruh dan kratifitas elemen-elemen

—desain grafis adalah subjek yang tunduk pada tren intelektual dan estetika yang berkembang dan mempengaruhi karya desainer dan mencerminkan sikap masyarakat pada umumnya.

Sebagai contoh, desain menanggapi perubahan tema yang mengatur cara kita memandang dunia dan hal ini jelas dalam gerakan seperti modernisme, postmodernisme, dan dekonstruktivisme. Kecenderungan ini membantu membentuk perkembangan dan evolusi atau perubahan pada desain grafis sebagai disiplin ilmu kreatif, membuka pintu baru untuk segala kemungkinan kreatif dan menyediakan alat-alat baru yang dapat digunakan untuk memenuhi tantangan desain.

Desain grafis: seni atau keterampilan?

—desain grafis adalah multi disiplin proses yang menggambarkan banyak sumber-sumber kreatifitas. Beberapa pendapat mengatakan bahwa desain grafis sebagai sebuah keterampilan atau kerajinan – salah satu keterampilan proses pencetakan secara tradisional dan proses penerbitan – sementara di sisi lain menganggap bahwa desain grafis lebih dari sekedar sebuah seni. Perbedaan tipis ini dapat menjadi dasar penting dari sebuah desain. Sebagaimana akan terlihat pada bagian-bagian berikut.

Desain sebagai ketrampilan:

Sebagai keterampilan, desain grafis merupakan bagian integral dari cetak proses produksi yang melibatkan persiapkan teks, gambar dan konten lainnya untuk publikasi. Dengan demikian, sebuah desainer grafis menempati peran penting dalam proses oleh penghubung dengan klien dan profesional lainnya seperti printer, typographers, fotografer. Pandangan desain grafis sebagai bagian dari proses cetak melihat desain grafis sebagai keterampilan. Beberapa elemen desain pekerjaan, seperti penambahan atau pengurangan ruang antara surat kepada membuat teks mengeset baik dan menarik, dapat dianggap sebagai desainer kerajinan ketik dalam yang serupa cara yang tukang kayu bekerja sepotong kayu atau printer letterpress menyesuaikan tekanan tempat tidur untuk membuat kesan yang benar tipe pada saham. Pandangan ini melihat desainer sebagai memiliki hubungan dengan klien sebagai bagian dari proses ditugaskan, dengan perancang memfasilitasi apa yang perlu dilakukan untuk menghasilkan pekerjaan.

Desain sebagai sebuah seni:

Sebagai seni, desain grafis menciptakan gambar yang mencolok dan layout untuk mengkomunikasikan ide dan informasi untuk khalayak yang berbeda. Disiplin adalah di garis depan pemikiran kreatif, memajukan teori tentang cara berkomunikasi secara efektif melalui media visual dengan menggunakan berbagai alat intelektual untuk menetapkan berarti hubungan antara desain yang berbeda elemen. Pandangan desain melihat desainer sebagai sebuah entitas yang terpisah yang sibuk dengan pribadi ekspresi bukannya dipimpin oleh singkat atau komisi. Banyak desainer melakukan pribadi proyek eksperimentasi dan menghasilkan menerbitkan sendiri kerja dimana niat mereka dapat berkaitan erat kepada mereka seorang seniman. Namun, dua pandangan mengenai desain tidak saling eksklusif. Banyak desainer yang ditugaskan untuk gaya unik mereka, sementara desainer lainnya beradaptasi dengan gaya mereka yang khusus.

 

Industrialisai

—industrialisasi pada abad ke-18 menunjukkan mekanisasi terhadap industri percetakkan, yang mengizinkan untuk pencetakkan yang lebih tinggi berjalan dan tingkat produksi yang lebih besar. Yang lebih penting lagi, hal tersebut membawa perubahan yang dramatis dengan proses cetak dan produksi sebagai jenis dan metod penyusunan huruf diubah untuk mendukung tingkat produksi yang lebih cepat.

Perkembangan dunia Percetakkan.

Baru dan mesin cetak lebih cepat disajikan baru tuntutan unsur-unsur lain dalam proses pencetakan, seperti jenis yang digunakan untuk mencetak, stok dicetak dan halaman cara seluruh disusun untuk cetak.

 

Teknologi

—desain grafis, seperti disiplin ilmu yang lain, terhubung dengan teknologi pada berbagai macam level yang berbeda. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain-desain diproduksi dan juga pengaruh perkembangan dalam hal gaya atau penampilan, seni dan sosial secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk pengambilan desain. Teknologi juga menawarkan kepada para desainer berbagai media untuk proyek mereka.

 

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: