Web Ranking

Alexa

Penasaran gak bagaimana Alexa dapat memiliki data – data tentang traffic atau lalu – lintas kunjungan kepada begitu banyak website di dunia? Berbeda dengan aplikasi Google Analytics yang populer itu, tidak ada kode apapun yang ‘ditanam’ pada website manapun yang mencatat dan kemudian melaporkan setiap data kunjungan seorang user kepada Alexa. Atau mungkin kita pernah menduga, mungkinkah setiap kali ada kunjungan seorang user ke sebuah website maka terlebih dahulu visit itu dilewatkan ke servernya Alexa untuk direkam jejaknya?

Mungkin, hal lain yang lebih banyak lagi yang belum diketahui adalah, Alexa Toolbar hanya dapat diinstal (secara normal) di browser Internet Explorer pada komputer dengan operating system Microsoft Windows. Memang beberapa pemrogram telah menciptakan toolbar untuk browser berbasis open source Firefox, namun jumlahnya relatif masih sangat kecil. Selain itu, beberapa orang mengklaim telah menciptakan script yang dapat menghasilkan data palsu tentang traffic atau kunjungan ke sebuah website, dan berhasil meningkatkan peringkat website itu di Alexa. Tentang hal inipun belum terbukti benar bahwa scrpit yang menghsilkan ‘kunjungan palsu’ dapat meningkatkan peringkat website di Alexa.

Apapun, hal ini tentu menjadikan akurasi tentang popularitas dan tingkat kesibukan sebuah website menurut Alexa.com menjadi sangat relatif. Meskipun akhir – akhir ini peringkat Alexa banyak digunakan sebagai acuan oleh para agen periklanan maupun oleh pihak – pihak yang membutuhkan informasi tentang sebuah website, pernahkah terbayangkan berapa juta komputer yang tidak berpartisipasi dalam survei Alexa ini karena tidak terinstal toolbar milik Alexa. Berapa banyak website yang sesungguhnya sangat tinggi tingkat lalu – lintas kunjungannya, namun sebagian besar komputer pengunjungnya tidak terinstal Alexa toolbar.

Bahkan, sebuah komputer dengan OS Windows dan browser Internet Explorer pun, tidak serta merta dapat menginstal Alexa Toolbar dengan mudah. Beberapa anti virus terkini seperti Norman misalnya, akan mencegah proses instalasi karena menganggap Alexa Toolbar sebagai program iklan komersial. Tentu kita dapat melepaskan halangan instalasi tersebut dengan melonggarkan aturan atau rule yang ada di anti virus, namun tentu bukan hal yang sederhana bagi seorang awam pengguna komputer. Hal ini tentu mempengaruhi pertumbuhan populasi pengguna Alexa Toolbar.

Data dan informasi tingkat kesibukan lalu – lintas kunjungan sebuah website selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Namun, hingga hari ini belum ada satu metode atau cara yang dapat menjawab kebutuhan itu secara menyeluruh. Dibutuhkan beberapa alat ukur dengan beberapa parameter yang digabungkan untuk dapat menghasilkan data dan informasi yang lebih sempurna.

Jadi, tidak perlu berkecil hati dulu bila peringkat website anda di Alexa.com belum memuaskan, mungkin sebagian besar pengunjung website anda tidak menggunakan komputer dengan OS Windows, atau tidak menggunakan browser Internet Explorer, atau bahkan tidak dapat menginstal Alexa Toolbar pada browsernya.

Berikut adalah hasil penilaian terhadap Universitas Gunadarma jika dibandingkan dengan Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Institut Teknologi Bandung berdasarkan Traffic Rank, Pageviews/User, dan Search%.

WeboMetric

Selain Webometric sebenarnya masih ada media sebagai parameter yang lain, namun saat ini webometric masih menjadi tujuan utama.

Webometric bukanlah tujuan akhir, namun webometric yang merupakaan pemetaan dari kekuatan pergurua tinggi dibidang Social Networking baik interneal sekaligue ekternal. Apapun tujuan webomteric sangatlah kita hargai untuk memacu perguruan tinggi memacu partisipasi nya ke masyarakat luas, salah satunya dari publikasi penelitian.

Webometric mengindikasikan 4 faktor penentu rangking antara lain:

Visibility (V):

Yaitu Jumlah link eksternal yang unik yang diterima dari situs/web lain, yang diperoleh dari search engine Google, yahoo, live search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi-logaritmik pertama untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat.

Size (S)

Jumlah halaman yang ditemukan dari mesin pencari Yahoo Search, Live Search and Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik pertama untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi tersebut.

Rich Files (R)
Jumlah muatan atau volume file yang ada di situs Universitas dengan kententuan format file adalah: pdf, doc, ppt, ps

Scholar (Sc)
Karya/Paper ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan di Google  Scholar.

Webometric melibatkan 3 search engine dunia :

Dalam meranking, webometic melibatkan search engine antara lain

Google
MEsin pencari yang per desember 2008 telah menguasai 62% pencarian di seluruh dunia.

Yahoo Search
Yahoo saat ini memiliki daftar direktori yang cukup segmentif, karena selain yahoo melibatkan unsur yang free dalam pendaftaran juga memberikan tarif untuk submitted sekita $299.

Live Search
Merupakan mesin pencari group Microsoft.

Kenapa Google dan Live search menjadi penting di webometric,karena dominasinya. Saat ini termasuk yang utama karena Google merupakan search default untuk browser Firefox,dan Live search untuk Internet Explorer 7 dan beta 8.

Metode Pengukuran Webometric
(4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)

Untuk update Januari 2010, Webometrics melakukan peringkatan 8.000 universitas atau perguruan tinggi di dunia, naik 2000 dari peringkatan sebelumnya pada Juli 2009 (6000 list).

Sebanyak 57 universitas atau perguruan di Indonesia masuk dalam daftar 8000 peringkatan Webometrics. Berikut daftar ranking atau peringkat dari 57 universitas atau perguruan di Indonesia yang masuk dalam list 8000 peringkatan yang dilakukan oleh Webometrics. Universitas Gunadarma termasuk dalam 5 besar.

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: