FENOMENA SOCIAL NETWORK

Istilah Social Network mungkin terdengar sedikit asing di telinga masyarakat. Namun, bagaimana dengan istilah Facebook, Friendster, ataupun Twitter? Ketiga istilah tersebut merupakan contoh dari Social Network atau situs jejaring sosial. Ketiga situs tersebut sedang marak digunakan banyak orang dari berbagai jenis kalangan, tua-muda, pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran.

Pengguna menggunakan situs jejaring sosial ini untuk menambah teman dan menjalin pertemanan kembali dengan teman-teman lama yang sudah jarang bertemu. Tidak sedikit pula pengguna situs ini menjadikannya sebagai arena untuk menyuarakan aspirasi dan memberi dukungan atas hal-hal yang dianggap benar. Seperti pada kasus antara KPK dan POLRI kemarin. Situs ini juga dapat dijadikan sarana untuk menambah link dalam hal pekerjaaan, mengirim memo yang berhubungan dengan pekerjaan, atau sharing informasi. Banyak juga yang menjadikan situs ini sebagai ajang debat antar penggunanya.

Namun pada umumnya, situs jejaring sosial ini digunakan oleh kalangan remaja. Tak jarang, satu user memiliki lebih dari satu account. Bahkan jumlah pengguna Facebook di Indonesia memiliki urutan terbanyak kedua di dunia. Namun sayangnya, sebagian besar pengguna Facebook hanya menggunakan situs ini untuk membicarakan hal-hal yang kurang informatif dan yang bersifat privasi. Bahkan tak sedikit oknum-oknum yang menyalahgunakan situs jejaring sosial ini sebagai tempat untuk menjual-belikan gadis-gadis di bawah umur.

Penyalahgunaan situs ini dapat ditindak lanjuti dengan beberapa cara, diantaranya adalah harus adanya pengawasan dan bimbingan orang tua kepada anak-anaknya yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap situs-situs semacam ini. Jangan menampilkan foto-foto yang mengundang perhatian. Selain itu, usahakan untuk membatasi informasi pribadi. Pengaksesan terhadap situs-situs pornografi pun dapat disaring dan dibatasi dengan menggunakan alat filter yang dapat diunduh di kidrocket.com. serta panduan penggunaan internet yang berupa buku online berjudul “Internet Sehat”.

Sebagai user, alangkah baiknya jika kita menggunakan situs jejaring sosial yang ada sat ini dengan sangat bijak dan bermanfaat untuk kepentingan individu dan kepentingan umum.

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: