IPTV

IPTV ialah sebuah sistem yang digunakan untuk mengirim layanan televisi digital kepada konsumen yang terdaftar (sebagai subscriber) dalam sistem tersebut. Pengiriman (sinyal) digital televisi tersebut memungkinkan diselenggarakan dengan menggunakan Internet Protocol melewati sebuah koneksi broadband, biasanya digunakan dalam sebuah network termanajemen (jaringan yang terorganisasi sendiri) yang lebih baik daripada internet publik dengan tujuan agar kualitas pelayanan terjamin. Kebanyakan layanan ini disediakan bersama dengan permintaan fasilitas video. Sebagai tambahan, terdapat ketentuan terhadap pemanfaatan layanan internet seperti akses web dan Voice over Inrternet Protocol. Dalam kasus ini, ketika internet layanan internet juga disediakan, akan disebut sebagai Triple Play.

IPTV merupakan sistem yang sangat berguna, Anda bisa menerima sinyal televisi dan video disamping dengan layanan-layanan multimedia lain dengan memanfaatkan koneksi internet yaitu melalui penggunaan Internet Protocol (IP). IP ini akan memproses, dan menerima suara atau komunikasi multimedia. System IP yang digunakan bisa melalui system IP publik (contoh: internet), atau yang private (LAN), atau bahkan kombinasi keduanya. Sistem ini memberikan kualitas terbaik, dan efisien untuk biaya, terutama untuk lokasi seperti apartemen, hotel, rumah sakit, atau kompleks perumahan.

Perlu diingat bahwa IPTV tidak seperti program televisi broadcast biasa yang menggunakan internet, tetapi lebih dari itu, IPTV ini dikatakan unik. Garis bentuknya diwakili oleh sistem tertutup, sistem televisi berhakpaten, yang mirip dengan layanan kabel akhir-akhir ini. Namun perbedaannya, pengiriman IPTV dibuat lewat channel-channel berbasis IP yang aman, yang mengakibatkan peningkatan tajam dalam kontrol distribusi content.

Aturan dari IPTV ialah mengintegrasikan sejumlah cara untuk meneliti dan mengikuti kebutuhan-kebutuhan user. Aturan ini juga memberi beberapa batasan dan pilihan melalui sebuah periode waktu yang khusus. Oleh sebab itu kemunculannya disebabkan kesempurnaan platform yang mana para pengguna dapat menambah fitur e-commerce maupun target iklan yang lebih banyak.

IPTV menggunakan sebuah Internet Protocol melalui koneksi broadband dan yang paling sering, layanan ini telah tersedia secara paralel dengan koneksi internet dari subscriber (pelanggan), disuplai oleh operator yang menggunakan layanann broadband. Ini dilakukan dengan menggunakan infrastruktur yang sama, tetapi melalui sebuah alokasi bandwidth yang tetap (dedicated bandwidth). Oleh sebab itu, kita bisa menjelaskan ini sebagai sebuah sistem di mana layanan televisi digital disediakan untuk melayani konsumen melalui koneksi broadband menggunakan Internet Protocol (IP).

Sebagai tambahan, salah satu yang harus diingat bahwa IPTV terlihat jelas berbeda dengan video internet. Video internet menyediakan layanan dalam menonton video, seperti preview film dan webcam. Layanan ini sering disebut “best effort” oleh penyedia jasa internet, yang tidak memiliki servis manajemen “back-to-back” bersama dengan pertimbangan-pertimbangan kualitas layanan.

Perbedaannya, teknologi IPTV lebih luas, user friendly (mudah digunakan), dan disatukan dengan teknologi akses DSL (Digital Subscriber Line) berkecepatan tinggi, seperti Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL2), ADSL2+ dan Very High Data Rate Digital Subscriber Line (VDSL). Tentu saja hal ini menawarkan nilai tambah, menciptakan kesempatan baik bagi industri penyedia layanan telekomunikasi. Oleh sebab itu, IPTV memberi peluang para provider dalam berpartisipasi dan menyediakan efisiensi pada pasar “Triple Play” (suara, video, dan internet).

Beberapa  feature yang  dimiliki oleh IP/TV ini adalah :

· IP/TV dapat menyiarkan secara live  atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source.

· IP/TV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.

· IP/TV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting.

· IP/TV mendukung  format standard MPEG (Motion Picturre Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap  standard CODEC (compression/decompression) untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.

· Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IP/TV lebih efisien karena tidak perlu  membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IP/TV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).

Cara Kerja

system IPTV dasar dapat kita gunakan untuk mendapatkan akses ke berbagai media. sebuah perangkat televisi dihubungkan ke Set top box (STB) yang mengkonversi IP video menjadi signal televisi standar. STB akan berfngsi menjadi penghubung ke sistem switch dari IP video. Contoh dibawah menunjukkan Switched Video Service (SVS) memberikan koneksi pada pemirsa untuk mengakses berbagai sumber , termasuk siaran broadcast, servis langganan, bahkan pemesanan video. Ketika pengguna ingin mengakses sumber-sumber media ini, semua perintah kontrol (biasa dilakukan melalui remote kontrol) akan dikirimkan ke SVS yang nantinya akan menentukan media mana yang akan dikoneksi. Diagram dibawah memnunjukkan bahwa pengguna hanya membutuhkan satu video channel agar SVS dapat mengakses berbagai sumber yang pada dasarnya tidak terbatas.

IPTV Set Top Box

Sebuah terminal multimedia yang mudah digunakan untuk network IP broadband. Alat ini menerima dan mengatur media video streaming, menyediakan aplikasi interaktif, dan memperbaharui aplikasi dan fungsi melalui nerwork IP. Sebuah perangkat yang efisien, tidak mahal, dan berperforma tinggi, sebuah perangkat yang baik bagi penyedia jasa internet untuk mempromosikan servis tambahan.

Alat ini adalah generasi baru home entertainment center di rumah anda. Melalui aksesoris seperti set TV, speaker, dan home theatre, alat ini menyediakan pengguna untuk mendapatkan layanan yang interaktif dan dipersonalisasi seperti broadcast digital video dan audio, pemesanan video dan audio, daftar program siaran berbasis web, dan browser.

Kegiatan-kegiatan yang dapat didukung IP/TV

Training Karyawan

Pendidikan dan pelatihan karyawan strategi yang sangat vital bagi kesuksesan suatu perusahaan dan peningkatan keahlian karyawan untuk karir mereka. Pelatihan  yang biasanya dilakukan adalah dengan mengirimkan karyawan ke pusat-pusat training yang dapat menghabiskan anggaran yang cukup besar, belum lagi biaya akomodasi dan transportasi karyawan yang harus ditanggung oleh perusahaan selama mereka menjalani pelatihan.  Oleh karena itu  IP/TV dapat memberikan alternatif solusi, yaitu dapat memberikan pelatihan keahlian karyawan secara cepat dan kapan pun dibutuhkan (tanpa perlu waktu perjalanan), tidak perlu memindahkan karyawan jauh dari tempat tugasnya, dan dapat menghemat budget untuk keperluan akomodasi dan travel karyawan selama pelatihan.

Distance learning

IP/TV dapat digunakan sebagai media untuk melakukan pelatihan/pendidikan jarak jauh  (distance learning). IP/TV akan membawa semua informasi dalam suatu seminar  atau konferensi atau kegiatan perkuliahan langsung ke komputer audience dengan siaran langsung satelit, kabel atau via internet. Distance learning ini dapat juga digunakan oleh divisi-divisi perusahaan untuk saling mengirimkan informasi yang dibutuhkan oleh bagian/karyawan yang masih memerlukan pelatihan/bimbingan di lapangan. Bila dilihat dari kepentingan pendidikan, universitas dapat memberikan kuliah jarak jauh kepada para mahasiswanya dari manapun ia berasal, dan  kapan pun ia membutuhkan informasi itu. Feature IP/TV Question  Manager dapat digunakan viewer untuk bertanya secara langsung (online) kepada instruktur/pengajar  sehingga suasananya dapat berlangsung interaktif seperti di kelas.

Video Streaming

Sebuah sistem real-time untuk mengirimkan video, biasanya bersama dengan audio yang tersinkronisasi, biasanya melalui internet. Sesuai dengan permintaan, sistem server yang digunakan akan mengirimkan stream video dan audio (yang terkompresi) ke klien. Klien akan menerima data dan dengan sedikit waktu buffer, akan mentranslasi video dan audio untuk ditampilkan ke pengguna.

Cara Menginstall IP/TV

Yang dibutuhkan:

· System: min 486 100 Mhz atau Pentium 60 Mhz dengan RAM 16 MB ( note : untuk sistem yang berbasis NT sebaiknya dengan RAM 32 MB).

· Sistem operasi : Windows 95 atau Windows NT (IP/TV tidak dapat dijalankan untuk  Macintosh).  Verifikasi yang TCP / IP protocol stack akan Anda gunakan. Untuk Windows 95, Windows 98, atau Windows NT, Microsoft TCP / IP stack dianjurkan.

· Monitor: VGA

· Video card :  card Video adapter yang support warna 256 atau lebih .  Direkomendasikan juga local bus yang kompatibel dengan PCI atau VESA dengan memory 1 MB.

· Sound card :  Kompatibel dengan SoundBlaster  (16-bit preferred)

· Network adapter : 10 atau 100 Mbps Ethernet yang terkoneksi ke jaringan.

IP / TV produk CD-ROM yang berisi program instalasi untuk IP / TV Viewer, IP / TV Server, dan instalasi jaringan. Untuk menginstal salah satu IP / TV produk, Anda harus membeli lisensi dari Cisco Systems.

Langkah 1.  Boot komputer anda dan jalankan Windows 95, Windows 98, atau Windows NT.

Langkah 2.  Masukkan IP / TV CD-ROM ke dalam CD-ROM drive pada komputer.

Jika CD-ROM drive dikonfigurasi dengan Auto Insert Notification diaktifkan, jendela Cisco IP / TV Installer akan muncul secara otomatis.

Pada jendela Cisco IP / TV Installer, klik Install Viewer. Bila kita  telah menginstall IPTV client versi  sebelumnya, harus dilakukan un-install sebelum menginstall versi yang baru. Bila tidak dilakukan un-install, maka versi baru ini mungkin tidak akan bekerja semestinya.

Langkah 3.  Perjanjian Lisensi Perangkat Lunak jendela muncul. Jika Anda setuju dengan persyaratan lisensi, klik Yes.

Langkah 4.  Pada jendela User Information, masukkan nama Anda, nama perusahaan Anda, dan nomor seri dari IP / TV Viewer kartu registrasi. Klik Next.

Langkah 5.  Pada jendela Direktori Tujuan, klik tombol Browse untuk menimpa direktori default di mana IP / TV Viewer akan diinstal (C: \ .. \ Cisco Systems \ IPTV Viewer). Jika kita inginkan semua optionnya merupakan default, maka client IP/TV ditempatkan dalam :\IPTV. Klik Next.

Langkah 6.  Pada jendela Pilih Components, pilih komponen yang ingin Anda instal. Komponen meliputi: perangkat lunak klien, Browser Plugins, VXtreme Codec, Windows Media Player, Internet Explorer 5.0. Secara default, semua komponen akan dipilih. Klik Next.

Langkah 7.  Pada jendela Select Program Folder, masukkan nama folder yang IP / TV Program Viewer ikon akan ditempatkan. Klik Next.

Jika verifikasi bahwa jenis setup, direktori target, dan program folder sudah benar. Klik Next. Program mulai menyalin file dari CD-ROM ke hard drive anda.

Langkah 8. Ketika semua file yang sesuai dengan jenis setup yang Anda pilih telah diinstal, jendela Setup Complete muncul.

Langkah 9. Pada jendela Setup Complete, Anda dapat memilih untuk melihat IP / TV Viewer file Readme yang berisi beberapa informasi dasar tentang IP / TV Viewer, dan akhir-berita yang tidak dapat dimasukkan dalam panduan ini.

Langkah 10. Reboot komputer anda dan jalankan Windows.

Menggunakan IP/TV Viewer:<!–[if supportFields]>PRIVATE "TYPE=PICT;ALT=*"<![endif]–><!–[if supportFields]><![endif]–>

1. Untuk memulai viewer IP/TV, jalankan Windows 95 Start Menu dan pilih

Precept IPTV viewer > IPTV Viewer 1.1.1

Jika list session tidak tampil, cek apakah koneksi Ethernet telah aktif ke jaringan.

2. Lihat seluruh list session untuk menemukan pilihan yang diinginkan.. Click  session dan kemudian click i yang berwarna biru pada sudut untuk melihat  sessi informasi tambahan.

3. Atau dengan melakukan  double-click pada sembarang sessi untuk melihatnya.

4. Jika video atau audio sedang dipancarkan, suatu  window akan  pop up.

Menanggalkan IP / TV Viewer

Kami sarankan agar Anda menutup IP / TV Viewer sebelum menguninstall itu. Untuk unistall IP / TV Viewer, Windows NT menggunakan Add / Remove Programs utilitas.

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

2 responses to “IPTV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: