DESKTOP ENVIRONMENT KDE

KDE merupakan desktop manajer pertama untuk Linux yang dikembangkan oleh Matthias Ettrich pada tahun 1996. KDE bertujuan menyediakan desktop antarmuka yang lengkap dan mudah bagi pemakai Linux, semudah menggunakan sistem operasi Windows 95, 98, NT, 2000, atau XP.

Desktop ini merupakan desktop manajer paling canggih di lingkungan GNU/Linux. Karena kecanggihan dan keindahannya, KDE pada hampir seluruh distribusi Linux dan beberapa distro besar seperti Mandrake, SuSE, Knoppix, Lycoris, Lindows, dan Slackware, dijadikan desktop manajer default. Dengan kata lain instalasi dan loading X Windows akan langsung membuka desktop manajer KDE. Pada beberapa distro tidak disertakan sebagai desktop manajer default, tetapi user dapat memilihnya pada menu Session Login yang tersedia pada masing-masing distro.

Fasilitas dan fungsi dekstop manajer KDE dapat dikatakan lebih banyak jika dibandingkan dengan yang lain. Fasilitas tersebut membutuhkan memory dan waktu loading yang agak lama jika dibandingkan dengan desktop manajer yang lain.

KDE juga menyediakan program office bawaan seperti KOffice dan program multimedia seperti KDE Multimedia. Jika ingin mencari informasi dan update seputar aplikasi Koffice, kita dapat mengunjungi situsnya di alamat http://koffice.kde.org. Untuk mengetahui informasi KDE secara umum, kita dapat mengunjungi situs http://www.kde.org. Selain itu, digunakan istilah-istilah yang lain sama sekali dengan yang digunakan pada sistem operasi Windows, seperti K Menu / Main Menu / Application Starter yang persis sama fungsinya seperti Start Menu pada Windows. Penggunaan istilah Taskbar seperti pada Windows digunakan secara berdampingan dengan istilah Panel Bar. Istilah Halt memiliki fungsi yang sama dengan istilah Shutdown pada Windows.

KELEBIHAN DESKTOP MANAJER KDE

Meskipun ada puluhan program desktop manajer di lingkungan Linux, hanya beberapa saja yang memiliki keunggulan dalam hal fasilitas dan kemudahannya, antara lain KDE, GNOME, IceWM. KDE dirancang dengan berbagai macam fasilitas yang memudahkan para pemakainya, terutama bagi yang terbiasa bekerja dengan sistem operasi Windows. Keunggulan KDE antara lain:

· Tampilan yang akrab dan menarik terutama bagi pengguna yang terbiasa dengan sistem operasi Windows, dengan kelengkapan Start Menu, Taskbar, dan desktop serta ikon.

· Pengontrolan sistem dapat dilakukan secara mudah karena terpusat dengan fasilitas Control Center.

· Adanya fasilitas File Manager yang berfungsi seperti Explorer pada sistem operasi Windows, sehingga kita dapat mengelola file, direktori, dan folder serta ruang harddisk kita.

· Mudah dalam pemakaian dan akses antarfile dan program yang cepat.

· Tersedianya dokumentasi dan Online Help yang memadai sehingga kita dapat membuka file dan bertanya segala sesuatu tentang KDE apabila menemui kesulitan.

· Gratis, karena kita tidak perlu membayar untuk menggunakan desktop manajer ini dan langsung tersedia pada setiap distribusi Linux.

· Adanya integrasi dan dukungan dari beberapa program lain seperti KDE games, KDE multimedia, Koffice, dan Utility.

KEKURANGAN DESKTOP ENVIRONMENT KDE

· KDE akan berjalan lambat pada mesin komputer dengan prosesor di bawah 233Mhz dan RAM 32Mhz, sehingga kita perlu meningkatkan kemampuan komputer kita apabila ingin bekerja dengan cepat.

· Dengan banyaknya aplikasi bawaan, maka desktop ini sangat berat dan memiliki ukuran file yang sangat besar sehingga dibutuhkan banyaknya ruang Harddisk .

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

One response to “DESKTOP ENVIRONMENT KDE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: