APLIKASI INTERNET di LINUX

Sistem operasi Linux dapat berkembang pesat sampai sejauh ini karena teknologi internet dan jaringan. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi berbasis internet mendapat perhatian di lingkungan Linux. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya aplikasi Web Browser, Chatting, FTP, Download Manager, Editor HTML, dan sebagainya yang dapat digunakan di lingkungan sistem operasi Linux.

Ada banyak aplikasi pembuka halaman web atau aplikasi untuk browsing di Linux, seperti Mozilla, Galeon, Netscape, Dillo, Konquoeror, dan lainnya.

Mozilla Web Browser

Mozilla termasuk web browser yang paling banyak digunakan di sistem operasi Linux karena Mozilla memiliki berbagai macam fungsi dan fasilitas yang dapat disejajarkan dengan Internet Explorer. Mozilla memungkinkan kita untuk melakukan import bookmark yang terdapat pada Internet Explorer dengan browser Mozilla.

Jika ingin menggunakan Mozilla atau web browser lain di Linux, kita harus melakukan update untuk menemukan perbaikan pada versi-versi terbaru. Hal itu sangat dibutuhkan untuk keamanan saat browsing di internet. Untuk melakukan upgrade dan update keamanan di alamat http://www.mozilla.org.

Galeon

Jika ingin menggunakan web browser yang kecil tapi cepat dan canggih, kita dapat menggunakan Galeon web browser yang berada satu paket dengan GNOME. Aplikasi Galeon berbasis Gecko, sebuah engine HTML yang digunakan juga oleh Mozilla. Kita tetap bisa menggunakan Galeon pada desktop environment KDE. Untuk informasi update dan versi terbaru, kunjungi situs http://galeon.sourceforge.net/support/faq.php.

Dillo dan FireBird

Aplikasi Dillo dan FireBird adalah dua dari berbagai macam web browser yang paling ringan dan paling cepat di lingkungan Linux. Kedua web browser ini biasanya disediakan pada distro Linux yang kecil dan ringan seperti Vector Linux, Damn Small Linux, dan sebagainya. Pemakaian Firebird dan Dillo sangat mudah dengan fungsi-fungsi yang sederhana dan hanya terdiri dari 7 buah toolbar fungsi.

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

One response to “APLIKASI INTERNET di LINUX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: