DASAR-DASAR DESAIN GRAFIS

Desain grafis adalah diplin ilmu yang luas yang mencakup berbagai aspek dan elemen. Hal ini sulit untuk menjelaskan displin ilmu yang retak karena para desainer bekerja, kadang atau tidak pernah terlibat dalam beberapa aspek.

Bagaimanapun juga, dalam hal pencarian kreatifitas, selalu ada alasan untuk terlibat di berbagai bidang dalam disiplin ilmu. Buku ini mencoba untuk melihat dari berbagai bidang ini  dan menyediakan sumber daya yang sangat berguna bagi para desainer, terlepas dari bidang tertentu di mana mereka bekerja.

BAB 1

Desain grafis sebagai sebuah disiplin ilmu.

—desain grafis menerima ide-ide, konsep-konsep, teks, dan gambar dan menyajikannya dalam bentuk visual melalui media cetak, elektronik, atau media lain. Hal ini menentukan urutan dan struktur konten untuk memfasilitasi dan mempermudah proses komunikasi, sembari mengoptimalkan kemungkinan bahwa pesan akan diterima dan dipahami oleh orang-orang yang menyaksikan. Seorang desainer mencapai tujuan ini melalui manipulasi dasar elemen;  sebuah desain mungkin bersifat filosofis, estetis, iindrawi, emosional, atau bersifat politik alami.

Apa itu Desain grafis?

—desain grafis adalah displin ilmu dari seni visual kreatif yang mencakup banyak bidang. Grafik desain dapat melingkupi jurusan seni, tipografi, tata letak halaman, teknologi informasi dan aspek kreatif lainnya. Variasi ini berarti bahwa ada fragmentasi lansekap untuk praktik desain di mana desainer mungkin mengkhususkan diri dan fokus.

Desain grafis berkembang dari industri percetakan dan penerbitan, istilah tersebut digunakan pertama kali pada tahun 1950. Pada saat itu ada sebuah demarkasi yang jelas dalam tahapan yang berbeda dari proses produksi, dengan spesialisasi profesional atau melakukan perdagangan masing-masing. Tahap ini melibatkan mesin-mesin cetak, scanner, reproduksi fotografi, seter, pembeli, film, korektor, dan manajer produksi.

Perekonomian konsumen yang muncul di negara-negara bagian barat setelah Perang Dunia II membawa munculnya kemasan cerah dan menarik sebagai persaingan antar produk yang diintensifkan. Jumlah majalah yang terbit saat itu juga mulai meningkat, sehingga permintaan yang lebih besar untuk menarik desain visual. Hal ini bertepatan dengan perkembangan teknologi percetakkan dan membuka kemungkinan produksi baru yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para desainer. Keberhasilan disain grafis membantu untuk membuatnya dan bahkan lebih sangat diperlukan.

Sebagai kekuatan komunikasi visual yang bermacam-macam menjadi luas dan dihargai, desain grafis tumbuh dari kebutuhan untuk menyediakan komunikasi visual untuk dunia konsumen dan tersebar di seluruh sektor ekonomi yang berbeda, sambil terus memanfaatkan perkembangan teknologi bahwa kemajuan membawa keempat.

Teknologi pembangunan, khususnya di era digital, telah berevolusi dan dirasionalisasikan pada proses produksi pencetakkan. Perdagangan dan persiapan karya seni telah menjadi usang, karena mereka sekarang dapat dilakukan oleh para desainer. Sebagai konsekuensinya, desain grafis telah berkembang menjadi peran yang multifungsi yang melihat desainer dalam memainkan peran penting dalam proses produksi. Hal ini menuntut fleksibilitas yang besar dan perlu berkomunikasi secara efektif dengan banyak profesional yang berbeda. Di masa lalu, desainer telah melakukan semua aspek pekerjaan untuk judul dan tata letak.

Perkembangan teknologi telah menempatkan para desainer di jantung proses kreatifitas. Seringkali, seorang desainer grafis mengelola proses desain dan mengkoordinir pekerjaan yang dilakukan oleh disiplin ilmu yang lain. Dengan demikian, lingkup tanggung jawab seorang desainer sekarang termasuk memprogram website, fotografi tata letak, mengatur halaman, materi seleksi, jurusan seni, manajemen proyek, pengeditan, dan produksi-produksi lainnya.

Apa itu Desainer grafis?

—berfikir tentang desain grafis sebagai perdagangan adalah anakronistis dan terbatas. Pendekatan yang mendasari untuk merancang bahwa seorang desainer grafis harus memahami dalam proses pencetakkan dan produksi digital. Seorang desainer pada dasarnya memiliki dua peran dalam proses-proses tersebut; memenuhi laporan desain dan melaksanakan pekerjaannya.

Memenuhi Penerangan materi yang singkat

Tugas pertama yang harus dipenuhi seorang desainer grafis adalah untuk bekerja apa yang harus dilakukan dalam rangka memenuhi penerangan singkat mengenai desain(lihat halaman 74). Ini mungkin melibatkan penelitian materi pelajaran untuk menghasilkan ide awal. Setiap proyek dimulai sebagai serangkaian sketsa awal, pikiran atau gagasan. Seorang desainer grafis membawa rasa untuk konsep-konsep ini dan mengatur mereka dengan cara yang dapat memberi mereka kecepatan dan makna. Pada dasarnya, seorang desainer mengedit pekerjaan, dan membuat keputusan tentang apa yang penting untuk berkomunikasi dan cara terbaik untuk menyampaikan pesan.

Pelaksana pekerjaan

tugas berikutnya Perancang adalah untuk melaksanakan pekerjaan. Desainer dapat bekerja dengan, dan memilih dari, yang bervariasi seleksi sumber untuk memahami desain akhir – apakah menggunakan sudut pandang filosofis, seperti sebagai modernisme, atau bersandar pada estetika murni, seperti tren saat ini dalam desain huruf atau mode. Sebuah bagian yang berharga dari proses desain adalah final menyelesaikan, tampilan dan nuansa (kualitas estetika) dari proyek. Estetika kontrol lebih jauh jangkauannya daripada memilih ukuran dan warna karena  membawa pesanan ke proyek, dan bantuan komunikasi dan pemahaman. Pelaksanaan hirarki yang jelas bisa baik memperkaya dan menyederhanakan proyek dengan membuat lebih mudah bagi pengguna untuk mencari dan mendapatkan informasi – baik pekerjaan adalah sistem kompleks atau sederhana.

Desain grafis saat ini.

—desain grafis telah berkembang dan beradaptasi untuk berubah dengan memasukkan teknologi baru dalam mengkomunikasikan kepada audiens yang lebih tersegmentasi. Hal ini menimbulkan sejumlah pertanyaan: kapankah proses evolusi hilang dari desain grafis saat ini? Apakah nilai dari desain grafis modern? apa yang sedang desain grafis berusaha lakukan?

Teks dan gambar

Teks dan gambar adalah andalan desain grafis dan susunannya pada layar, halaman atau di lingkungan buatan adalah salah satu cara melalui mana orang berkomunikasi di dunia modern. Banyak kelompok bersaing untuk waktu dan perhatian; kami rentang perhatian yang semakin pendek, yang berarti pesan harus disingkat. Desain harus bekerja lebih keras dan pada tingkat yang berbeda untuk berkomunikasi secara efektif. Elemen desain yang berbeda harus saling melengkapi dalam rangka meningkatkan keseluruhan komunikasi.

About these ads

About resariski

me - Resa - a girl who was born at December 16th is the youngest daughter (from 4 brothers) in my family. This is my official weblog. View all posts by resariski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: